WELCOME TO EDY JUNIAWAN FOR EDUCATION

MARI BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA!

Cari Blog Ini

Senin, 07 Juni 2010

MAJALAH DINDING ( MADING) SEBAGAI WAHANA KREATIVITAS SISWA


MAJALAH DINDING ( MADING) SEBAGAI WAHANA KREATIVITAS SISWA

Majalah dinding yang disingkat “MADING” merupakan sarana untuk memajang informasi dan hasil kreativitas seni lainya yang biasanya ditempatkan dengan menempel pada dinding.

Majalah dinding di dunia pendidikan tidaklah asing, ide ini muncul ketika siswa kesulitan untuk memajang hasil karyanya, bagaimana karya itu tidak mengganggu bila dipamerkan, tidak membutuhkan banyak tempat , memiliki nilai seni dan isi dari tempat tersebut bisa diperbarui.

Dari dulu masing-masing sekolah sudah memiliki majalah dinding, namun belum dikelola secara maksimal. Sering ditemukan papan majalah dinding yang kosong atau majalah dinding yang penuh namun isinya sudah lama.

Majalah dinding di sekolah kalau dipandang memang seperti pajangan biasa, akan tetapi bagi siswa itu merupakan kebanggaan apa bila hasil karyanya terpajang. Hal ini mampu menumbuhkan dan merangsang kreativitas siswa untuk berkarya. Hasil karya yang dihargai akan memotivasi siswa untuk mencipta dan berkreasi sesuatu yang baru. Sehingga terjadi kompetisi siswa untuk menampilkan karya terbaiknya.

Agar majalah dinding memiliki pungsi yang maksimal harus dikelola dengan baik. Misalnya :
1.Pemasangannya pada tempat yang strategis, mudah dilihat, terlindung dari panas dan hujan.
2.Pergantian isi secara berkala dengan mengisi tanggal pemasangan pada hasil karya.
3.Informasi atau hasil karya yang ditampilkan menarik.
4.Setiap saat diadakan perlombaan majalah dinding terbaik untuk memotivasi kreativitas kelas.
keberadaan majalah dinding di sekolah sangat membantu guru dalam menggali krativitas siswa.

Karena siswa perlu wahana untuk menyampaikan hasil karyanya. Dalam penilaian di kelas ada komponen bahwa siswa mampu untuk menampilkan, menunjukkan dan memamerkan. Bagian ini bisa kita manfaatkan dalam melakukan penilaian. Jadi beragam maanfaat yang bisa didapatkan dari majalah dinding.

Mari cerdaskan anak bangsa dengan aktif membudayakan majalah dinding di sekolah!

Written
By

Edy Juniawan for Education